Yang baru :

Selamat Datang! Silakan mencari artikel di blog ini. Blog ini masih dalam tahap construction. Terimakasih banyak sudah berkunjung :) mohon kritik dan sarannya

Minggu, 07 November 2010

Permainan shogi

Apa sih yang dimaksud permainan shogi ? kalau teman-teman melihat film Naruto dan mengenal tokoh ninja bernama Shikamaru, pasti tidak asing lagi dengan permainan shogi ini. Permainan ini yang biasanya Shikamaru lakukan bersama Sensei Asuma (guru Shikamaru di perguruan ninja) tapi jikalau tidak tahu,...

Begini, shogi adalah permainan catur dari Jepang. Asal usulnya dari permainan chaturanga dari Jepang. Shogi diperkirakan sampai ke Jepang pada abad ke-6.
Papan shogi memiliki 81 kotak. Setiap pemain memegang 20 pion yang berbentuk kepingan. Yap, bentuk pionnya berbeda dengan catur yang biasa kita mainkan. Lalu, bagaimana membedakan raja, menteri, kuda atau lainnya ? setiap kepingan pion dinamai. Tulisannya dibuat dengan huruf kanji. Oya, untuk menjadi pemenang dalam shogi, raja lawan harus dikalahkan! 

Shogi memiliki beberapa perbedaan dengan catur biasa. Misalnya, ketika ada pion yang berhasil dikalahkan lawan, maka pion itu akan berpindahkan ke pihak lawan. Lalu, pion tersebut bisa dimainkan lagi oleh lawan itu. Waduh! Selain itu jika kita bisa maju sampai ke wilayah lawan, maka pion itu bertambah kuat dan naik pangkat. Cihuuui!

0 comments: