Yang baru :

Selamat Datang! Silakan mencari artikel di sini. Blog ini sampai sekarang masih dalam tahap construction. Terimakasih banyak sudah berkunjung 🐣 mohon kritik dan sarannya πŸ™‡πŸ»πŸŒΌπŸ€

Rabu, 17 April 2013

kita lulus, lolos dan PASTI bisa!

Tidak seperti biasanya. Aku sudah sampai di sekolah pagi-pagi sekali. Tampak bapak wakasek sarana dan prasarana itu sudah mengecek beberapa ruang kelas. Dari kejauhan aku bisa melihat anak perempuan mengenakan jaket hitam. Aku menyunggingkan seyum manis ku. Aku yakin itu pasti Novi. Ia tengah duduk di depan kelas sambil membaca. Aku segera mempercepat langkahku.

...

Hari ini adalah hari H-nya. Ya, hari untuk para siswa SMA se-Indonesia mempertaruhkan masa depan mereka. Hari Ujian Nasional. Bahasa Indonesia adalah jadwal mata pelajaran pertama di hari pertama Ujian Nasional ini. Setelah aku sampai di depan kelas, ternyata Nanan sudah datang dari tadi. Aku segera bergabung dengan mereka.

...

8674823814_4aeebb8e85_o
kita bisa dan kita sukses🐱‍🏍🐱‍🏍
Semua siswa sudah berkumpul. Semakin lama semakin ramai saja situasinya. Patas saja, karena setiap siswa membahas berbagai buku yang berbeda.
Pelaksanaan Ujian tinggal menunggu 1 menit saja. Namun sampai detik ke-59 menurut panitia penyelenggara terdapat masalah teknis. Kami para siswa memanfaatkan waktu itu untuk bergabung bersama. Ya karena kelas kami dipecah menjadi dua ruangan.
Kami berkumpul. Meletakkan tangan kami bersama. Kami berdoa semoga kami diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan soal ujian hari ini dan hari-hari berikutnya hingga ujian selesai.

...

img_0864
pintu penentu masa depan
Bel tanda mulai Ujian berbunyi. Kami berpencar dan menuju kelas kami masing-masing. Aku menuju ruang 2. Ruang bagi kami siswa yang bernomor besar. Mulai dari Inna, Damar, Karina, aku, Juan, Mona, Novi, Rahma, Nita, Aya dan Yunita, ditambah dari kelas IPA 2. Kedua ibu pengawas sudah hadir membawa kunci untuk membuka pintu Ruang 2.
Bismillahirirrahman nirrahim.. Ya Alloh, hari ini aku mengikuti Ujian Nasional..😊

...

#Hari Pertama
Oke. Ini dia, soal Bahasa Indonesia. 20 tipe. Soal dan lembar jawab sudah di cek. Walau sebenernya tadi ragu-ragu karena LJUN-nya pojok-pojok kelihatan kotor. Penggaris siap, sobek kertasnya, lalu kerjakan. Tiba-tiba kelas menjadi hening tanpa suara manusia. Hanya ada suara kipas angin yang terdengar angker dengan nada 'ngik-ngik'-nya

...

" Bagaimana soalnya anak-anak?" kata ibu guru favoritku bahasa Indonesia.
" Soalnya agak susah, Bu!" jawab salah satu temanku.
" Iya, ibu guru juga tadi baca, dan soalnya memang susah ya..!" kata ibu guru.

Di lain pihak,
" Soalnya lumayan ya..?" (lumayan yang dimaksud disini adalah lumayan gampang)
" Apanya yang lumayan itu tadi ambigu."
" Eh, peribahasamu tadi tentang apa?"
" Aku tentang bintang-bintang."
" Wah, gampang, la aku susah.. Majase susah, disuruh ngartiin juga."
" Eh, podho Nit. Kamu tadi mbok jawab apa?"
" Mboh, aku ngawur, Kar!"
" Kamu mbok awur berapa we? Bisa semua?"
" Akeh sek tak awur, Yak."

Jadi dapat diambil kesimpulan saat Ujian bahasa Indonesia itu agak susah.

...

#Hari kedua Fisika & Bahasa Inggris

Pas Fisika. Kita tegang. Kertas-kertas penuh sama corat-coretan angka-angka. Semua serius. Aku juga serius. Karena 20 paket soal maka setiap siswa merasa tertekan dengan waktu yang semakin berkurang. Termasuk aku.
Setelah selesai.

" Apa-apan soal tadi?"
" Itu pengembangan!"
" Haduh, aku dapat berapa nanti, soalnya susah!"
" Sudah-sudah ayo fokus bahasa inggrisnya.

Pas Bahasa Inggris. Salah satu temenku kasih kode buat listening. Tapi nggak liat kode pun, itu listening mudah kok buat didenger. TAPI.. Habis itu soalnya bacaan semua.. Yah begitulah ya.. Kudu sabar.
 Setelah selesai. Semua siswa segera pulang. Tidak ada yang membahas masalah Bahasa Inggris, tapi mungkin ada beberapa. Ada yang langsung pulang ada yang pergi ke tempat les, dan bermacam-macam. Ya, yang tak lain karena besuk adalah Matematika. Aku segera pulang.

...

#Hari ketiga Matematika
Terlihat tegang, dan sedikit was-was, karena takut dengan soal Fisika kemaren... Setelah menerima soal, aku pun mengerjakan.
Setelah selesai.

" Kalo soal Fisika kayak Matematika tadi mungkin kita bisa ngerjain ya..!"

Ya, dapat dikatakan soal Matematika kali ini lebih mudah daripada Fisika.

...

#Hari terakhir Kimia dan Biologi 
Kimia. 2 jam berlalu.

Ee. Aku sendiri lupa gimana soalnya, tapi menurutku, jika kita tidak hati-hati mengerjakannya kita pasti terjebak sama jawabannya. Aku terjebak beberapa kali saat aku akan mengoreksi jawabanku untuk dipindai ke LJUN. Tapi untungnya jawaban yang benar yang aku pindai.😊

Pas Biologi. Dan sepertinya soalnya tidak universal tapi cukup mendetail ke akar-akarnya. 20 tipe soal dan tidak ada yang sama. Soalnya susah, tapi seberapa berpikir jawaban juga tidak kunjung datang. Akhirnya aku menggunakan senjata pamungkas. Dan itu adalah the Power of Quantum.

Setelah menggunakan kekuatan itu waktu ternyata masih tersisa cukup lama, karena itu untuk menghilangkan kebosanan, aku menggambar di soal ujian. Hingga waktu mengerjakan habis. *Tenang, aku sudah terlebih dahulu memindai jawabanku*

...

" Aku, terharu. Ujian telah selesai!" kata salah satu temanku, saat pengawas sudah mengambil lembar jawab dan soalnya.
Dan ketika bel berbunyi, tanpa aba-aba kita semua bertepuk tangan. Ya salah satu selebrasi karena Ujian Nasional telah usai.

..

Semua siswa berlari berbondong-bondong menuju lapangan. Ada yang berfoto bersama, ada yang berkumpul untuk menyatakan #Toss. Banyak sekali yang dilakukan sampai-sampai Mister hiden kamera itu mengabadikan kegiatan kami para siswa.😊

Aku, dan teman-temanku Suloyo13 berkumpul bersama, kami meletakkan tangan kami seperti pada awalnya. Meyantakan dengan suara lantang bahwa kami ...

"PASTI BISA LULUS DENGAN NILAI YANG MEMUASKAN!"

...

Aku mengayuh sepedaku pelan, melewati tiang bendera, dan Sang Merah Putih itu terus berkibar dan menentang teriknya matahari. Ada kotak kecil disana. Ya, siswa-siswi SMA Negeri 1 Klaten akan mengadakan Bakti Sosial.

Tak berjudul
setelah selesai... ikut bakti sosial!
Bismillahirrahman nirrahim, semoga uang jajanku ini bisa membantu mereka yang kesusahan.

...

Aku sampai di gerbang depan. Aku berhenti karena ada beberapa orang memberikan brosur kepadaku. Angin bertiup sejuk sekali mengenai jaket hijauku. Langit biru dengan awan yang bisa aku lihat dengan mata sedikit aku kedipkan karena teriknya matahari hari ini sangat cerah dan indah sekali. Aku mengayuh sepedaku lagi. Hari ini aku telah selesai mengikuti Ujian Nasional!

--------------------------------------------------------
Note: aku tidak akan lupa Ujian Nasional terakhirku... aku akan terus mengenangnya. Ujian kali ini telah usai, semoga hasilnya terbaik dan lulus dengan nilai yang memuaskan! jadi bisa buat bekal SNMPTN udangan.. Setuju? walau di daerah lain masih ada yang belum UN, semoga cepat selesai! Dan terimakasih banyak Mister hidden kamera.. semua gambar di sini dan [yang ini] source punya mister.😊
Author Image

Tentang Latifah S Ningrum
gadis kecil di jendela yang menyukai teatime, choco banana, dan jagung manis. senang bercerita lewat gambar.

0 comments: