Yang baru :

Selamat Datang! Silakan mencari artikel di blog ini. Blog ini masih dalam tahap construction. Terimakasih banyak sudah berkunjung :) mohon kritik dan sarannya

Sabtu, 18 Mei 2013

[Review] Hotarubi no Mori e ~ Anime Movie

Oke, jujur ini baru pertama kalinya bikin review tentang anime. Tapi sebagai permulaan ini, aku bakal mulai dengan Movie anime dulu... *hehe yang anime series belakangan haha, tapi tenang masih dalam list project kok* soalnya kalo anime series banyak episode yang harus dianalasis eh di telaah eh dikaji.. Eh apalahnya itu namanya... *haduh apaan ini* --3

Kembali ke topik utama. Karena ingin memberikan apresiasi terhadap movie anime ini, maka langsung aja ke topiknya.. Here's comes..



Rating: SU • Genres: Drama, Romance, Shoujo, Supernatural • Format: Movie • Director: Takahiro Omori • Original Creator: Yuki Midorikawa • Animation Production: Aniplex, Brains Base • Theme Song: Natsu wo Miteita (夏を見ていた) by Sizzle Ohtaka (おおたか静流) [ED] • Vintage: Sep 17, 2011 • Duration: 44 min. per episode • Number of Episodes:

Seiyuu/ voice over cast :
       1. Gin = Uchiyama Kouki
       2. Takegawa Hotaru = Sakura Ayane

Main character :
       1. Gin
       2. Takegawa Hotaru

Supporting :
       1. Ibunya Hotaru
       2. Pamannya Hotaru
       3. Anak Laki-laki *tanpa nama*

Review : 
Anime movie ini diadaptasi dari manga Hotarubi no Mori e (蛍火の杜へ) karya Yuki Midorikawa tahun 2003. Movie yang berdurasi tidak seperti movie anime yang pada umumnya lebih dari 90 menit, movie ini hanya berdurasi pendek yaitu sekitar 44 menit terasa amat singkat tapi menyentuh hati. Namun disisi lain movie ini dikemas dengan begitu apik, sehingga menimbulkan kesan yang mendalam.

Story :
Musim panas merupakan musim yang paling dinantikan oleh Hotaru. Mengapa? Karena hanya di musim panas lah dia bisa ke rumah pamannya dan bertemu seseorang. Tunggu, mungkin bukan seseorang, tapi sesuatu! Ya, orang itu bukanlah manusia. Dia adalah youkai (siluman) penunggu hutan bernama Gin yang selalu memakai topeng.
Movie ini dimulai dengan Hotaru remaja dalam perjalanan menuju desa pamannya dan menceritakan bagaimana pertemuan yang aneh dengan Gin.

Untitled12
Pemandangan desa pamannya Hotaru di sore hari..
Menuju ke flashback saat Hotaru bermur 6 tahun. Saat libur musim panas Ia berlibur di desa milik pamannya. Rumah pamannya di pedesaan yang asri dimana terdapat hutan rimbun disana. Hutan disana merupakan hutan yang cukup mistis, orang-orang dilarang masuk kesana karena setiap orang yang masuk bisa tersesat.

Untitled7
Hutan yang berada di desa Paman Hotaru
Karena penasaran Hotaru pergi ke hutan itu tetapi ia malah tersesat. Saat ia menangis sendirian, saat itulah bertemu dengan Gin. Gin pun menolong Hotaru keluar dari hutan, tapi dengan syarat Hotaru tidak boleh menyentuhnya, karena bila dia disentuh oleh manusia, dia akan menghilang. Hotaru kecil awalnya tidak percaya dan mencoba menyentuhnya, tapi yang didapatnya adalah sebuah pukulan yang mengenai kepalanya. Hahaha.. Dimulailah pertemanan mereka berdua. Di hutan belantara, dimana Gin mengajak Hotaru berkeliling hutan.  Sejak saat itu Hotaru selalu pergi ke hutan setiap hari selama liburan musim panas untuk bermain dengan Gin.

Untitled3
Gin pertama kali keluar *pake sembunyi-sembunyi* :)
Untitled6
awww...
Untitled5

Untitled10
Hotaru menghabiskan liburan musim panasnya untuk bermain bersama Gin :)
Pada suatu hari saat mereka bermain, Gin tertidur. Hotaru mencoba membuka topeng Gin, dan dibalik topeng itu terlihat wajah Gin yang tampan, wajah manusia normal. Gin sendiri sebenarnya manusia, saat bayi ia dibuang oleh orang tuanya, ia terus menangis di hutan dan diberi topeng agar ia berhenti mengangis. Ia diberi kehidupan oleh para roh di hutan karena mereka iba padanya. Tentu saja dengan syarat ia tidak bisa keluar dari hutan dan menyentuh manusia.

Untitled13
Untitled020
Untitled015
Waktu terus berlalu hingga Hotaru SMP dan juga SMA. Gin memang terlihat selalu menunggu di tempat mereka biasanya bertemu. Bahkan ketika memasuki musim dingin ia tetap menunggui Hotaru.  

Untitled017
Gin dan Hotaru yang sudah SMA
Untitled016
Gin selalu menunggu Hotaru di tempat mereka biasa bertemu
Ending dari cerita ini cukup mengharukan, walaupun pasti bisa kita tebak, mereka memang akhirnya bisa berpelukan. Itu terjadi ketika mereka berdua pulang dari sebuah festival. ada adik kecil-yang ternyata ia manusia- terjatuh. Gin pun menolongnya, hingga akhirnya tangannya itu mulai menghilang.  
Gin pun tersenyum dan berkata "sekarang aku bisa menyentuhmu, Hotaru!" 

Untitled019
Dan itulah, pertama dan terakhir kalinya, Hotaru menyentuh Gin. Karena akhirnya ia menghilang.

Menurutku, kelebihan dari anime ini adalah bagaimana hubungan antara Gin dan Hotaru itu tetap terlajin hingga Hotaru itu dewasa, mereka tetap bersikap sama, mereka saling menyayangi dan saling percaya satu sama lain, tidak peduli mereka berada di tempat yang jauh dan pada saat apapun. Perasaan yang dimiliki Hotaru ternyata sama dengan yang dimiliki Gin, namun mereka tidak mengungkapkan secara langsung, mereka tetap memendamnya, namun sepertinya chemistry mereka terbentuk. Pelan tapi pasti mereka akhirnya bisa bersama walaupun hanya sebentar sekali. Selain itu alur cerita yang ringan tapi disusun apik membuat penonton juga ikut terbawa emosi seperti ketika Gin mengatakan
"mungkin aku tidak akan merindukan musim panas lagi untuk waktu yang lama..."
atau ketika Hotaru berkata kepada Gin
"apapun yang terjadi padaku, seberapa ingin kau menolongku, aku harap kau tidak menyentuhku!"

Untitled014
Apapun yang terjadi padaku, seberapa ingin kau menolongku, aku harap kau tidak menyentuhku! :')
Untuk kekurangannya aku rasa karena endingnya itu yang tidak bahagia, bagaimana akhirnya Gin itu menghilang. Namun, hal itu juga yang membuat Hotaru menyadari satu hal. Yokai akan terus hidup di dalam hatinya, ia akan berkunjung ke tempat sang paman di tahun sesudahnya dan sesudahnya lagi agar ia tetap bisa mengenang Gin :)

Karakter :
Dari segi karakter movie anime ini hanya berpusat pada 2 tokoh utamanya, yaitu Gin dan Hotaru, pemain yang cukup sedikit yang hanya berpusat pada bagaimana mereka ini bertemu hingga akhirnya harus berpisah menjadi hal yang berbeda dari kebanyakan anime movie pada umumnya. Namun, proses menuju kesana itulah yang membuat penonton tertarik dengan karakter mereka.

 1. Gin
Gin yang awal-awalnya misterius ini sangat peduli dengan Hotaru. Ia bahkan ingin menolong Hotaru saat Hotaru jatuh dari atas pohon. Ia juga sering menjaili Hotaru. Ia bahkan sempat berkata dengan santai ia mengijinkan Hotaru untuk memeluknya karena ia mengajaknya pergi bersama yang membuktikan bahwa Gin sangat menyayangi Hotaru dan menyukainya.  



2. Hotaru
Hotaru kecil memiliki sikap yang ceria, berjiwa petualang, rasa ingin taunya yang besar membuat penonton berpikir apa yang akan ia lakukan selanjutnya. Setelah beranjak dewasa, Hotaru terlihat anggun dan menjadi perempuan dewasa yang selalu memikirkan Gin. Memang seperti pada umumnya saat perempuan memiliki perasaan kepada seseorang yang disukainya, Hotaru sedikit menahan dirinya. Sikapnya yang sering melamun itu merupakan sisi buruk dari dirinya akibat sering memikirkan Gin dan ingin bertemu dengannya.

 Seiyuu :
Untuk seiyuu dari Gin,Uchiyama Kouki, dia melakukannya dengan SANGAT BAIK!! Ia bisa menyampaikan perasaan karakter Gin dengan baik kepada para penonton.  Ia dengan sukses menghidupkan karakter Gin. Ia yang lahir pada 16 Agustus 1990 merupakan peraih "The Best New Actor di Anual Seiyuu Award ke-5" pada tahun 2011. jadi memang pantas ia menjadi favorite perfomance! Dia mengisi suara Enma Kozato di Katekyo Hitman Reborn! VOMIC. Dia juga merupakan pengisi suara Demuri Kagura (Equarion Evol), Asaba Yuuta (Kimi to Boku), Yuuki Natsuno (Shiki), Evans (Soul Eater), dan Takigawa Yoshino (Zetsuen no Tempest). Tidak kalah dengan Sakura Ayane,  yang seumuran sama aku dia juga sangat pas mengisi suara Hotaru, ia juga menyampaikan perasaan Hotaru yang ingin bisa menyentuh Gin dengan baik. Memberikan kesan yang medalam bagi penonton. Dan cara ia membuat karakter Hotaru yang ceria membuat para penonton tidak bosan untuk menonton anime movie ini berkali-kali!

Animasi :
Dalam movie ini animasinya tidak terlihat terlalu canggih. Terlihat sangat sederhana. Namun grafis dari anime ini bagus sekali, seperti setting tempat yang indah dengan warna-warna yang manis, lembut dan tidak berat membuat animasi ini terkesan ringan, dapat dinikmati tanpa harus banyak berpikir, dan detailnya sendiri untuk beberapa adengan menjadi sangat bagus!

-----------------------------------------------------------------------------
dan ini dia, grafis dari movie ini yang memang bagus banget!

Untitled
Untitled1
Untitled2
Untitled8
Untitled11
Untitled018
---------------------------------------------------------------------------
Musik :
Kekurangan dari anime movie ini adalah musiknya. Anime movie ini hanya menggunakan Ending dan tidak menggunakan Opening, jadi langsung menuju kepada topik cerita, hal itu yang membuatku merasa ada sesuatu yang kurang dari movie ini sendiri. Namun back sound yang jelas seperti suara hewan di pegunungan, suasanya festival yang ramai membuat penonton seperti berada di tempat itu. Di hutan nan lebat penuh dengan segala sesuatu yang diluar dugaan kita.

My Score :
Story: 9,0/10
Character: 8,5/10
Plot:8,0/10
Music: 7,0/10
Artwork:9,0/10
Animation:8,0/10
Overall:8,25/10

(+) tema yang sederhana dan ringan, grafis yang mendukung, kejadian dijelaskan secara detail, proses menuju ending movienya yang tidak terduga juga seiyuu yang berkualitas. 
(-) tokoh yang terlalu sedikit, alur yang mudah ditebak, durasi yang terlalu pendek untuk sebuah movie, tidak ada Opening Song.

0 comments: