Yang baru :

Selamat Datang! Silakan mencari artikel di sini. Blog ini sampai sekarang masih dalam tahap construction. Terimakasih banyak sudah berkunjung 🐣 mohon kritik dan sarannya πŸ™‡πŸ»πŸŒΌπŸ€

Senin, 29 Juli 2013

[Novel Translation] Gadis Kecil di Jendela

...Ketika akhirnya sampai ke pintu gerbong, dia berkata. "Larimu cepat." Kemudian dia menambahkan. "Aku dari Osaka."

"Osaka?" seru Totto-chan penuh semangat. Osaka adalah kota impian yang belum pernah dilihatnya. Adik bungsu Mama-pamannya-seorang mahasiswa. Setiap kali datang berkunjung, pamannya itu selalu mengangkat kepala Totto-chan tinggi-tinggi dengan kedua tangannya sambil berkaya. "Akan kuperlihatkan Osaka padamu. Kau bisa lihat Osaka?"
Itu permainan yang biasa dimainkan orang dewasa untuk anak-anak, tapi Totto-chan percaya pada pamannya. Kulit wajahnya tertarik sampai sakit, matanya sampai melotot dan telinganya sakit, tapi dia selalu berusaha memandang ke kejauhan, mencari Osaka.
Sayangnya, dia tidak berhasil. Meski demikian, Totto-chan yakin, suatu hari kelak dia pasti bisa melihat Osaka. Karena itu, setiap kali pamannya datang, Totto-chan berkata, "Perlihatkan Osaka padaku." Begitulah, Osaka menjadi kota yang diimpi-impikannya. Dan Takahashi berasal dari sana!
"Ceritakan tentang Osaka," katanya kepada Takahashi.
"Tentang Osaka?" tanya anak itu sambil tersenyum senang. Suara jernih dan terdengar dewasa. Tepat ketika itu lonceng berdentang, tanda jam pelajaran pertama dimulai.
"Sayang sekali," kata Totto-chan. Tahakashi masuk ke kelas dengan riang, tubuh mungilnya bergoyang-goyang, nyaris tertutup tasnya. Dia memilih duduk di bans paling depan. Cepat-cepat Totto-chan duduk di sampingnya. Dia senang karena boleh duduk dimana saja yang disukainya. Dia tidak ingin jauh-jauh dari kawan barunya itu. Lalu Takahashi pun menjadi salah satu sahabat Totto-chan.
...

Woiya, itu tadi kutipan dari novel Totto-chan yang-dulu waktu kecil- jadi alasan saya pingin bisa pergi ke Jepang, tepatnya ke Osaka!

Karena males bikin resensi novel, jadi saya bikin yang paling simple aja, TAPI ngena, TAPI panjang. Let's check!


Judul: Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela  • Format: Novel  • Author: Tetsuko Kuroyanagari  • Ilustrasi: Chiniro Iwasaki • Publiced: Kondasha International, Ltd  • Vintage: Japan, 1982 • Dicetak ulang: PT Gramedia Pustaka Utama

Author
Totto-chan itu nama akrabnya Testuko-san *asal namanya itu diceritakan di dalam novelnya sendiri di chapter 15 berjudul Nama Totto-chan.

Review singkat dari novel itu
menceritakan Tetsuko-san saat dia masih anak-anak. Saat ia masih bersekolah di Tomoe Gakuen-yang didirikan oleh Mr. Kobayashi- yang terletak di Tokyo tenggara, tiga menit jalan kaki dari Stasiun Jiyugaoka di Jalur Toyoko. Kelas Totto-chan memang unik. Sekolah yang memiliki pagar yang hidup juga kelasnya yang berupa gerbong kereta api. Di kelas itu juga siswanya bebas memilik pelajaran yang mana yang diinginkan untuk jam pelajaran pertama dan selanjutnya hingga selesai. Mereka tidak hanya belajar di dalam saja namun juga diluar ruangan.

Sekolah itu akhirnya terbakar di tahun 1945 saat peristiwa bom di Hiroshima dan Nagasaki. Saat itu memang terjadi perang. Saat itu Totto-chan harus mengungsi juga dengan Papa dan Mama. Totto-chan juga memiliki anjing kesayangannya, Rocky. Selain itu Tetsuko-san juga banyak menceritakan betapa besarnya cinta Mr. Kobayashi kepada anak-anak dan bagaimana mendidik mereka menjadi anak yang baik. 

Mr. Kobayashi juga yang membuat Totto-chan yang semulanya nakal-awal bab diceritakan ia dikeluarkan dari sekolahnya karena kebiasaannya yang aneh itu- menjadi anak yang baik, dengan selalu mengatakan "Kau anak yang benar-benar baik, kau tau itu, kan?" dan juga teman-temannya Totto-chan yang memiliki kehebatan yang unik-unik itu!

Tentang novel ini
Novel ini novel yang pertama-yang secara, ini novel terjemahan- kali saya baca. Tetsuko-san benar-benar hebat bisa menulis cerita yang saya-anak yang pertama membaca novel itu kelas 3 SD- bisa mengerti cerita di dalam novelnya. Saya suka bab "Takahashi" saat Takahashi menceritakan Osaka. Juga bab "Nama Totto-chan" tentang Papa Totto-chan yang suka memanggil Totsky daripada Totto-chan, dan masih banyak Bab yang saya suka *hehe, mungkin saya suka semua bab yang ada disana*. Gambar ilustrasi dari Chihiro Iwasaki juga keren-keren. Belakangan waktu baca catatan akhir dari sang penulis, ternyata Chihiro Iwasaki merupakan pelukis yang jenius! Hebat!
...

Cerita singkat tambahan
Woiya, novel ini merupakan novel yang best seller di negara Tetsuko-san, Jepang -juga di Indonesia-
Jujur, kalo saya emang nggak ngurus sama yang best seller itu, waktu itu saya masih kecil sih jadi nggak ngerti. yang saya cari waktu beli bukunya karena buku itu ceritanya bagus. Agak susah emang waktu bilang ke mbak-mbaknya penjaga buat nyari novelnya, gini nih ceritanya

Saya : " Mbak, mau nyari novel yang tokoh utamanya Totto-chan."
Mbak-mbak : " Totto-chan? Siapa itu dek? Kamu yakin mau beli novel? Kalo buku bercerita ada di sebelah sana dek!"
Saya: "Oh, oke mbak!" (Sial, yang saya cari disini novelnya mbak, bukan buku cerita bergambar!)

Oke, waktu SD dulu emang badannya kecil. Dikira embaknya kelas 1 SD.
Ckckck ._.)/|| malang sekali naseb saya.

Oke lah, setelah lama muter-muter nyari, sampe ada mas-mas yang nanya, " Cari apa dek?"
Dan saya jawab " Novel." as axpected mas-masnya rada terkejut. Tapi " Oh, judulnya?"
Karena nggak tau jadi saya jawab. " Totto-chan!" dan secara langsung masnya bilang " Wah, sudah habis dek."

Kecewa? 
Ya, jelas! Percakapan itu yang kesekian kalinya saya pergi ke toko buku buat beli novel.

Dan akhirnya saya berhasil. Berhasil beli? Bukan! Saya berhasil pinjem novelnya dari temen πŸ˜„ novel itu sampe bertahun-tahun dirumah saya, sampe saya pikir, sejak kapan saya punya novel!
Cerita singkat tambahan ini berakhir dengan teman saya yang nanya, novelnya itu saya pinjam apa enggak? Duh...
-----------------------------------------------------------------------
Buat temen-temen yang mau soft copy novelnya, ada di sini nih [Download]
Password: ajaib!
selamat membaca πŸ˜„ ja~ naa!
Author Image

Tentang Latifah S Ningrum
gadis kecil di jendela yang menyukai teatime, choco banana, dan jagung manis. senang bercerita lewat gambar.

0 comments: